Mabrur, 160401032 (2021) Personal Branding Akun Instagram @Dosielfian_Smartspeaking (Analisis Konten Pesan Pencitran)". Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Personal Branding Akun Instagram @Dosielfian_Smartspeaking]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mabrur, 160401132, FDK, KPI, 0895600646298.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Judul penelitian ini adalah "Personal Branding Akun Instagram @Dosielfian_Smartspeaking (Analisis Konten Pesan Pencitran)" penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan personal branding dari sosok Dosi Elfian yang merupakan seorang Master of Ceremony (MC) ternama di Aceh melalui akun Instagram @Dosielfian_Smartspeaking. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori karakteristik pembentukan personal branding menurut Hubert K Rampersad yang memiliki 11 nilai karakteristik personal branding yaitu keautentikan, integritas, konsistensi, spesialisasi, otoritas, keistimewaan, relevansi, visibilitas, ketekunan, perbuatan baik, dan kinerja. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif melalui model Krippendorf. Pada penelitian ini unit analisis isi yang digunakan adalah unit fisik, unit sintaksis, unit referensial, unit proposisional, dan unit tematik. Sementara ruang lingkup studi ini mencakup postingan foto, video, poster serta caption dalam rentang waktu April 2020 - April 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun @Dosielfian_Smartspeaking lebih memfokuskan pada postingan terkait kegiatan-kegiatan dari Dosi Elfian saat menjadi MC, inilah nilai yang paling dominan yang ditonjolkan untuk membentuk personal branding pada akun tersebut. Namun uniknya, hasil analisis pada kategori kebaikan (goodwill) terdapat penyebutan kata "Bismillah" sebanyak 73 kali pada caption dari total 76 konten yang diposting. Hal ini menunjukkan personal branding yang ingin dibangun juga berkaitan dengan nilai identitas diri sebagai seorang muslim yang baik. Selain itu, dalam membangun personal branding, semua postingan pada akun tersebut terdapat tagar #dosielfiansmartspeaking yang menandakan kekuatan pesan pencitraan dari image building yang dibangun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mabrur Mabrur |
Date Deposited: | 16 May 2023 03:23 |
Last Modified: | 16 May 2023 03:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28993 |