Efektivitas Penggunaan Metode Istinbathiyah Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Dayah Asaasunnajaah)

Muhammad Ilham, 180202137 (2023) Efektivitas Penggunaan Metode Istinbathiyah Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Dayah Asaasunnajaah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Metode Istinbathiyah Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Dayah  Asaasunnajaah)] Text (Efektivitas Penggunaan Metode Istinbathiyah Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Dayah Asaasunnajaah))
Muhammad Ilham, 180202137, FTK, PBA, 082294633508.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan bahwa sebagian siswa kelas 3 di ma’had Asaasunnajaah Aceh Besar tidak bisa mengi’rab atau lemahnya pengetahuan terhadap kedudukan kata (I’rab) dalam teks pada pembelajaran nahwu. oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan metode istinbathiyah untuk meningkatkan kemampuan siswa pada I’rab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode istinbathiyah pada pembelajaran nahwu dan untuk mengetahui kegiatan guru dan santri dalam penerapan metode istinbathiyah. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan dalam skripsi ini adalah metode eksperimen, yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri dayah Asaasunnajaah yang berjumlah 378 santri, adapun sampel yang diambil adalah kelas 3 b yang berjumlah 18 santri. Pengambilan sampel ini peneliti menggunakan observasi dan tes. Hasilnya menunjukan bahwa penggunaan metode istinbathiyah efektif untuk meningkatkan pengetahuan kedudukan kata (I’rab) pada pembelajaran nahwu, sebagaimana nilai hasil dari Paired sample T-test menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,00 lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,00 < 0,05), ini menunjukan bahwa nilai Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun observasi aktifitas guru pada penggunaan metode istinbathiyah menunjukan hasil 85% yang berarti Mumtaz, adapun pada aktifitas murid menunjukan hasil 70% yang berarti jayyid jiddan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Ilham
Date Deposited: 19 May 2023 08:16
Last Modified: 19 May 2023 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29098

Actions (login required)

View Item
View Item