Penerapan Metode Mimicry-Memorization Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara

Ainal Fitria, 180202047 (2023) Penerapan Metode Mimicry-Memorization Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Mimicry-Memorization Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara] Text (Penerapan Metode Mimicry-Memorization Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara)
Ainal Fitria, 180202047, FTK, PBA, 085372682800.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan belajar bahasa Arab. Salah satu metode untuk keberhasilan pengajaran adalah metode mimicry-memorization. Mimicry artinya meniru dan memorization artinya menghafal. Dan metode ini berguna untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dan berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa kelas 1 MTS Darul Ihsan tidak mampu berbicara bahasa arab dengan baik ketika guru menginstruksikan siswa untuk mempraktekkan bahasa arab di depan kelas, dan juga kurangnya latihan bahasa arab, dan sedikit untuk menerapkan apa yang mereka pelajari dari kosa kata dan tata bahasa, dan kesalahan dalam struktur , dan kurangnya kombinasi guru terhadap metode atau langkah-langkah yang akan diterapkan dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas sehingga menyebabkan kurangnya motivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan metode mimicry-memorization dengan mengunakan media vidio untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun tujuan penelititan ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode mimicry-memorization dengan mengunakan media vidio dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain (one group pre-test, post-test). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas 1 MTS Darul Ihsan yang berjumlah 287 orang dan kelas 1A yang berjumlah 30 orang sebagai sampel penelitian. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi langsung dan tes sebelum dan setelah melakukan eksperimen. Dan metode analisis data peneliti menggunakan"SPSS 26" dan kertas lembar observasi. Adapun hasil dari pre-test dan post-test memperoleh tingkat Signifikansi (2-tailed) .000 < 0,05 setelah uji T menggunakan program “SPSS 26”. Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini membuktikan bahwa penerapan metode mimicry-memorization dengan menggunakan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainal Fitria
Date Deposited: 19 May 2023 08:12
Last Modified: 19 May 2023 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29100

Actions (login required)

View Item
View Item