Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh

Ulfha Rauna, 150901081 (2023) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Antara  Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Madrasah  Aliyah Darul Ulum Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh)
Ulfha Rauna, 150901081, FPS, PSI, 082252070172.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah sekumpulan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan aktivitas belajar, menjamin kelangsungan pada kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada siswa kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh. Penelitian ini menggunkan teori Dukungan Sosial dari House (dalam Smet, 1994) dan teori Motivasi Belajar dari Uno (2017), menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penentuan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah 84 siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan skala likert. Hasil kolerasi product moment Pearson menunjukan nilai r = 0,238 dengan nilai P = 0.02. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada siswa kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ulfha Rauna
Date Deposited: 22 May 2023 02:41
Last Modified: 22 May 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29154

Actions (login required)

View Item
View Item