Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Kaligrafi Arab Di MTsN 4 Aceh Selatan (Studi Eksperimen)

Wiyuda Nisyifa, 180202004 (2023) Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Kaligrafi Arab Di MTsN 4 Aceh Selatan (Studi Eksperimen). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Kaligrafi Arab Di MTsN 4 Aceh Selatan (Studi Eksperimen)] Text (Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Kaligrafi Arab Di MTsN 4 Aceh Selatan (Studi Eksperimen))
Wiyuda Nisyfa, 180202004, FTK, PBA, 082368797565.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama di MTsN 4 Aceh Selatan khususnya di kelas dua siswa merasa bosan dan malas dalam pembelajaran kaligrafi Arab. Peneliti melihat bahwa beberapa siswa di sekolah ini menghadapi masalah dalam menulis huruf Arab, karena mereka tidak dapat menulisnya dengan benar, terutama dalam menulis kaligrafi Arab. Seperti: huruf-huruf Arab yang harusnya letaknya di bawah garis, mereka menulisnya di atas garis, dan ada huruf-huruf yang harusnya letaknya di atas garis, mereka menulisnya di bawah garis. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode Demonstrasi dengan media video untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kaligrafi Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode Demonstrasi dengan media video untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kaligrafi Arab dan mengetahui respon siswa menggunakan metode Demonstrasi dengan media video dalam menulis kaligrafi Arab di MTsN 4 Aceh Selatan. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pre-exsperiment dengan desain One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 4 Aceh Selatan yang yang berjumlah 336 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Dua (2) yang berjumlah 30 siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan angket. Dan penggunaan analisis data dari hasil pre-test dan post-test menggunakan Uji T (Paired Samples Test) menggunakan program statistik yang disebut “SPSS 25”. Adapun dari hasil penelitian, penerapan metode Demonstrasi dengan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kaligrafi arab. Dibuktikan dengan nilai uji T (Paired Samples Test) yang diperoleh tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 yang lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Penerapan metode Demonstrasi dengan media video memiliki respon positif dikalangan siswa, dan peneliti menemukan pada respon mereka bahwa respon positif lebih besar dari pada respon negatif sebesar 98.2% > 1.8%, karena metode dan media ini dapat meningkatkan kemampuan, kecenderungan siswa dan keinginan untuk menulis kaligrafi Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wiyuda Nisyifa
Date Deposited: 22 May 2023 02:45
Last Modified: 22 May 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item
View Item