Penerapan Metode Tanya Jawab Menggunakan Buku Nahwu Muyassar Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah (Aceh Besar)

Fatrahil Mira, 190202115 (2023) Penerapan Metode Tanya Jawab Menggunakan Buku Nahwu Muyassar Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah (Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Tanya Jawab Menggunakan Buku Nahwu Muyassar Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Babul Ulum Abu  Lueng Ie Al-Aziziyah (Aceh Besar)] Text (Penerapan Metode Tanya Jawab Menggunakan Buku Nahwu Muyassar Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyah (Aceh Besar))
Fatrahil Mira, 190202115, FTK, PBA, 085372328780.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Peneliti di ma'had Babul' ulum abu lueng ie Al-aziziyyah Aceh Besar, telah memperhatikan bahwa beberapa siswa tidak dapat menguasai pembelajaran nahwu karena guru menggunakan metode tata bahasa dan terjemahan, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Beberapa dari mereka bahkan tidak mendengarkan apa yang dikatakan guru dalam menjelaskan materi yang dipelajari. Oleh karena itu, peneliti menerapkan kitab nahwu muyassar, dengan metode Tanya jawab dalam pembelajaran nahwu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan metode Tanya jawab menggunakan kitab nahwu muyassar pada pembelajaran nahwu untuk mengidentifikasi respon siswa terhadapnya. Metode penelitian adalah eksperimen one group pre-test post-test. Sampel penelitian adalah 15 santri. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pertanyaan pre-test dan post-test dan kertas angket. Adapun hasil penelitian adalah penerapan metode Tanya jawab menggunakan kitab nahwu muyassar pada pembelajaran nahwu adalah sebagai berikut guru membagi siswa menjadi empat kelompok, guru menyajikan aturan untuk materi yang dipelajari, guru memimpin soal-soal dan guru memerintahkan ketua kelompok untuk mendiskusikan soal-soal tersebut dengan teman-teman kelompoknya, kemudian ketua kelompok atau salah satu temannya memberi jawaban berdasarkan pendapat atau ide mereka, dan guru mendiskusikan jawaban dengan mereka dan mengoreksinya dan guru menyajikan contoh yang berkaitan dengan pembelajaran agar santri dapat memahaminya dengan baik,guru memerintahkan siswa untuk menulis dibuku catatannya untuk membantu santri meninjau pelajaran dirumah, diakhir pembelajaran guru menjelaskan ringkasan menyuruh siswa mendengar dengan baik. penerapan metode interaktif pada kitab nahwu muyassar dalam pembelajaran nahwu efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman nahwu santri, Tergantung hasil tabel T lebih kecil dari hasil hitung atau 1,76<6,71>2,62. Dan respon siswa terhadap penerapan metode Tanya jawab menggunakan kitab nahwu muyassar dalam pembelajaran nahwu adalah positif dengan nilai rata-rata 96,78%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fatrahil Mira
Date Deposited: 22 May 2023 02:58
Last Modified: 22 May 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item
View Item