Perbedaan Asertivitas Antara Siswa Kelas Unggul Dan Siswa Kelas Reguler Di MAN 1 Banda Aceh

Risda Ashfarina, 180901055 (2023) Perbedaan Asertivitas Antara Siswa Kelas Unggul Dan Siswa Kelas Reguler Di MAN 1 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Asertivitas] Text (Asertivitas)
Risda Ashfarina, 180901055, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Asertivitas merupakan salah satu keterampilan sosial yang dapat memudahkan siswa dalam menjalin hubungan dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnyaAsertivitas adalah kemampuan seseorang individu untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan dan dipikirkan kepada orang lain secara jujur dan nyaman namun tetap menjaga dan menghargai perasaann dan hak-hak orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi asertivitas adalah situasi lingkungan sekitar yaitu lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan asertivitas antara siswa kelas unggul dan siswa kelas reguler di MAN 1 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 789 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 243 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.Alat ukur penelitian ini yaitu skala asertivitas berdasarkan teori Alberti dan Emmons. Metode analisis data independent sample t-test dengan program SPSS 16for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh nilai t-test 2,171 dengan nilai signifikan p = 0,031 (p<0,05) yang artinya hipotesis pada penelitian ini diterima bahwa terdapat perbedaan asertivitas antara siswa kelas unggul dan siswa kelas reguler di MAN 1 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Risda Ashfarina Risda
Date Deposited: 23 May 2023 02:38
Last Modified: 23 May 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item
View Item