Penggunaan Media Spinning Wheel Pada Pembelajaran Maharah Kalam

Fitrah Khairatul Muna, 180202168 (2023) Penggunaan Media Spinning Wheel Pada Pembelajaran Maharah Kalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Spinning Wheel Pada Pembelajaran Maharah Kalam] Text (Penggunaan Media Spinning Wheel Pada Pembelajaran Maharah Kalam)
Fitrah Khairatul Muna, 180202168, FTK, PBA, 082366609209.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa murid SMA Daarut Tahfiz Al-Ikhlas lemah dalam berbicara bahasa arab (khususnya pada penggunaan fi’il mudhar’) dikarekan mereka terbalik dalam menggunakan huruf mudhara’ah ketika mengungkapkannya ke dalam bahasa arab karena jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Spinning Wheel untuk meningkatkan maharah kalam dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Spinning Wheel dalam meningkatkan maharah kalam pada siswa SMA Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi eksperimen menggunakan rancangan pra- eksperimental design dengan model one group pretest-postest. Data penelitian dikumpulkan dari lembar observasi dan hasil pretest-postest. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa SMA darut tahfidz al-ikhlas sebanyak 151 siswa dengan sampel yang diambil pada kelas 1B sebanyak 24 siswa, teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah purposive sampling. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media spinning wheel efektif dalam meningkatkan pembelajaran maharatul kalam pada siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil test menyatakan bahwa (sig.) (0,05>0,00). Asumsi nol (Ho) adalah bermanfaat dan hipotesis alternative (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media spinning wheel
efektif dalam pembelajaran maharah kalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fitrah Khairatul Muna Muna
Date Deposited: 23 May 2023 03:13
Last Modified: 23 May 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29181

Actions (login required)

View Item
View Item