Pembebasan Lahan PLTA dan Penetapan Harga Tanahnya Menurut Konsep Jual Beli Dalam Fiqh Muamalah.

Cut Nurul Atma, 180102004 (2023) Pembebasan Lahan PLTA dan Penetapan Harga Tanahnya Menurut Konsep Jual Beli Dalam Fiqh Muamalah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembebasan Lahan PLTA dan Penetapan Harga Tanahnya Menurut Konsep Jual Beli Dalam Fiqh Muamalah] Text (Pembebasan Lahan PLTA dan Penetapan Harga Tanahnya Menurut Konsep Jual Beli Dalam Fiqh Muamalah)
Cut Nurul Atma, 180102004, FSH, HES, 082373119620.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembebasan lahan merupakan suatu tindakan yang di ambil oleh pemerintah untuk berjalannya proyek pembangunan PLTA (pembangkit Listrik Tenaga Air) guna meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan bersama masyarakat Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses negosiasi dan penetapan harga tanah dan lingkungan fisik yang mempengaruhi tingkat harga tanah di Kecamatan Silih Nara di tinjau menurut konsep jual beli dalam Fiqh Muamalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif empiris. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan harga tanah untuk pembebasan lahan PLTA di Kecamatan Silih Nara bervariasi tergantung kepada potensi lahan, kesetrategisan dan sarana prasarana menuju lahan tersebut. Adapun upaya pemerintah dalam melakukan pembebasan lahan tersebut dengan cara melakukan penyuluhan/sosialisasi, musyawarah serta pendekatan sosial kepada masyarakat untuk meminimalisir konflik yang akan terjadi. Untuk penetapan ganti rugi pembebasan lahan tersebut ditinjau terlebih dahulu oleh tim penaksir harga. Penetapan harga tanah untuk pembebasan lahan PLTA di Kecamatan Silih Nara telah sesuai dengan ketentuan Fiqh Muamalah dimana pemerintah menggunakan prinsip adil dalam penetapan harga tersebut sampai menemukan kata sepakat dari kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembebasan Lahan, PLTA, Penetapan Harga, Fiqh Muamalah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Nurul Atma
Date Deposited: 23 May 2023 02:37
Last Modified: 23 May 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29184

Actions (login required)

View Item
View Item