Efektifitas Penerapan Strategi K-W-L (Know-Want to Know- Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar

Auva Munaya, 200202051 (2023) Efektifitas Penerapan Strategi K-W-L (Know-Want to Know- Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Membaca] Text (Kemampuan Membaca)
Auva Munaya, 200202051, FTK, PBA, 085212566354.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang pertama yang dilakukan oleh peneliti, menemukan bahwasanya siswa Dayah Darul Ihsan mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam pembelajaran keterampilan membaca. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan strategi K-W-L (Know-Want to Know-Learned). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi K-W-L (Know-Want to Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Dayah Darul Ihsan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi K-W-L (Know-Want to Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Adapun metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen dan jenis penelitian yang disebut (Non Equivalent Control Group Design). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner dan tes awal dan akhir. Adapun Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SMA Dayah Darul Ihsan. Dan peneliti mengambil sampel penelitian adalah siswa putri kelas II (E) sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa, dan kelas II (G) sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 30 siswa. Adapun hasilnya, peneliti menemukan bahwa penggunaan strategi K-W-L (Know-Want to Know-Learned) sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji T-test sistem yang dihitung dari hasil tingkat signifikansi (sig) (0,000 < 0,05). Adapun hasil penelitian respon siswa dalam melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi K-W-L (Know-Want to Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sangat baik, dan hal ini dibuktikan dengan hasil siswa (p=86 %).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Auva Munaya Auva
Date Deposited: 23 May 2023 02:40
Last Modified: 23 May 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29187

Actions (login required)

View Item
View Item