Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Newman Di SMP/MTs

Dwi Nugroho Putri, 180205084 (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Newman Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dwi Nugroho Putri, 180205084, FTK, PMA, 082277973672.pdf] Text
Dwi Nugroho Putri, 180205084, FTK, PMA, 082277973672.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Kesalahan merupakan bentuk penyimpangan terhadap jawaban sebenarnya yang bersifat sistematis. Sangat banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar sehingga siswa melakukan kesalahan, maka diperlukannya analisis terhadap kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan membantu siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, (2) Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Newman. (3) Solusi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Newman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa kelas VIII-A MTsN 3 Aceh Tamiang, dengan kriteria siswa yang melakukan banyak kesalahan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar yaitu: kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan membaca disebabkan siswa tidak menuliskan simbol atau siswa tidak mengetahui simbol dalam soal. Kesalahan memahami masalah disebabkan siswa menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Nugroho Putri
Date Deposited: 23 May 2023 02:35
Last Modified: 23 May 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29197

Actions (login required)

View Item
View Item