Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal KSM (Kompetensi Sains Madrasah) Siswa SMP/MTs

Khofifah Namirah Amal, 180205069 (2023) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal KSM (Kompetensi Sains Madrasah) Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Khofifah Namirah Amal, 180205069, FTK, PMA,  085358501548.pdf] Text
Khofifah Namirah Amal, 180205069, FTK, PMA, 085358501548.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematika dapat merubah pola pikir seseorang menghadapi tantangan dalam permasalahan konstektual pada kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan kemampuan literasi matematika dapat menumbuhkan minat membaca dan menganalisis suatu permasalahan, apabila kemampuan literasi matematika dihubungkan dengan proses kemampuan siswa menganalisis dan membedah soal-soal KSM pada jenjang pendidikan SMP/MTs menjadi faktor penting yang harus dimiliki siswa agar dapat memecahkan masalah, sehingga mampu untuk menyelesaikan masalah secara efisien dan tepat. Pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dapat memberikan stimulus yang baik untuk siswa dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah atau madrasah. Literasi matematika antara sains dan agama menjadi latar belakang lahirnya Kompetensi Sains Madrasah (KSM). Oleh sebab itu kegiatan kompetensi sains madrasah (KSM) mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika dan sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk medeskrpsisikan kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal KSM (Kompetensi Sains Madrasah) pada siswa SMP/MTs. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar soal tes kemampuan literasi matematika dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu dengan cara mengumpulkan data dengan waktu yang berbeda. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek sebenyak 4 siswa MTsN 5 Pidie Jaya yang sesuai dengan pertimbangan, yaitu: (1) siswa dengan level kemampuan sangat baik (semua indikator tercapai) (2) siswa dengan level kemampuan baik (jawaban unik yang hanya tercapai beberapa indikator). Kesimpulan dari hasil penelitian (1) Subjek S1 memperoleh hasil sangat baik (semua indikator tercapai). (2) Subjek S2, S3 dan S4 memperoleh hasil baik (jawaban unik yang hanya tercapai beberapa indikator).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khofifah Namirah Amal
Date Deposited: 23 May 2023 02:47
Last Modified: 23 May 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29199

Actions (login required)

View Item
View Item