Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami Pada Materi Tekanan Hidrostatis Untuk Siswa SMP Kelas VIII.

Putri Maisal Jannah, 170204056 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami Pada Materi Tekanan Hidrostatis Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik  Islami Pada Materi Tekanan Hidrostatis Untuk Siswa SMP Kelas VIII] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami Pada Materi Tekanan Hidrostatis Untuk Siswa SMP Kelas VIII)
Putri Maisal Jannah, 170204056, FTK, PFS, 081264291551.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan ialah kurangnya media pembelajaran di Sekolah. Berdasarkan analisis kebutuhan dan observasi di SMP Negeri 2 Salang, kabupaten Simeulue menunjukkan bahwa terbatasnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran hanya berfokus pada media papan tulis dan hanya mengandalkan buku teks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesain media pembelajaran berbasis komik islami pada materi tekanan hidrostatis dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis komik islami pada materi tekanan hidrostatis. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dan model yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Media Pembelajaran berbasis komik islami pada materi tekanan hidrostatis untuk siswa SMP kelas VIII ini berupa instrumen untuk ahli materi, ahli media, ahli agama, dan respon peserta didik. Hasil validasi dari validator ahli materi dengan persentase 86 %, validator ahli media 87%, validator ahli agama 92% dan respon peserta didik 74 %. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran berbasis komik islami pada materi tekanan hidrostatis untuk siswa SMP kelas VIII layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Komik Islami, Tekanan Hidrostatis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Putri Maisal Jannah
Date Deposited: 26 May 2023 03:10
Last Modified: 26 May 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29283

Actions (login required)

View Item
View Item