Hubungan Antara Motivasi Siswa Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh

Novia Alyadi, 180202160 (2023) Hubungan Antara Motivasi Siswa Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Hubungan Antara Motivasi Siswa Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Motivasi Siswa Dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh)
Novia Alyadi, 180202160, FTK, PBA, 082277328487.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar untuk setiap pembelajarannya dan wajib di pelajari oleh mahasiswa di mahad ini. Proses pembelajaran bahasa Arab didasarkan pada partisipasi mahasiswa yang beragam dan kemampuan berbicara yang berbeda, dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh motivasi mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hubungan antara motivasi mahasiswa dengan maharah kalam di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh. 2) Motivasi yang mempengaruhi maharah kalam mahasiswa di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif korelasi. Adapun sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi kelas 3 yang berjumlah 25 orang. Alat penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tidak terdapat hubungan antara motivasi mahasiswi dengan maharah kalam setelah menghitung dengan rumus produk momen menghasilkan nilai 0,104 dan dalam penilaian Lemah Sekali artinya tidak bermakna. 2) Motivasi yang mempengaruhi maharah kalam mahasiswa adalah Motivasi Internal dari indikator “ Adanya Hasrat dan Keinginan Untuk Berhasil” dengan nilai 706.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Novia Alyadi Novia
Date Deposited: 26 May 2023 03:12
Last Modified: 26 May 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item
View Item