Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Tekanan Zat Di SMPN 1 Tapaktuan.

Salsabila, 170204037 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Tekanan Zat Di SMPN 1 Tapaktuan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Tekanan Zat Di SMPN 1 Tapaktuan] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Pada Materi Tekanan Zat Di SMPN 1 Tapaktuan)
Salsabila, 170204037, FTK, PFS, 082211960082.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Tekanan Zat. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrument yang digunakan dalam peneltian pengembangan LKPD Berbasis STEM ini berupa lembar validasi yang dinilai oleh validator ahli materi, ahli media, guru dan juga respon peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan memperoleh skor rata-rata yakni 70,66% dengan kategori layak. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata yakni 90,20% dengan kategori sangat layak, dan validasi oleh guru diperoleh skor rata-rata yakni 99,33% dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon peserta didik yang didapatkan setelah melakukan uji coba produk dalam skala kecil pada tahap implementasi dengan nilai 91,60% dengan kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, LKPD Berbasis STEM pada materi Tekanan Zat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: LKPD, STEM, Tekanan Zat
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Salsabila Bila
Date Deposited: 26 May 2023 03:24
Last Modified: 26 May 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item
View Item