Yara Citra Dewi, 160207132 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Seacrh Solve Create And Share Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di MAN 1 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Seacrh Solve Create And Share ]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yara Citra Dewi, 160207132, FTK, PBL, 082298657277.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah belum efektifnya proses pembelajaran. Pembelajaran yang kurang efektif berakibat pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di MAN 1 Aceh Selatan pada materi sistem peredaran darah dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share kelas XI di MAN 1 Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional dan peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran SSCS yang masing-masing kelas berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes menggunakan soal pretest dan posttest. Data aktivitas belajar peserta didik dianalisis menggunakan rumus persentase aktivitas belajar, aktivitas belajar peserta didik di kelas eksperimen pada pertemuan I yaitu 71,35% (aktif) dan pertemuan II yaitu 86,45% (sangat aktif). Sedangkan aktivitas belajar peserta didik di kelas kontrol pada pertemuan I yaitu 64,06% (aktif) dan pertemuan II yaitu 71,52% (aktif). Data hasil belajar dianalisis menggunakan rumus uji t, yaitu uji Independent Sample T Test pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 ˂ 0,05, dan uji paired sample test sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dengan kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima (model SSCS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yara Citra Dewi |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:31 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29340 |