Penerapan Model Pembelajaran Seacrh Solve Create And Share ‎Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di MAN 1 Aceh Selatan‎

Yara Citra Dewi, 160207132 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Seacrh Solve Create And Share ‎Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di MAN 1 Aceh Selatan‎. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Seacrh Solve Create And Share ‎] Text (Penerapan Model Pembelajaran Seacrh Solve Create And Share ‎)
Yara Citra Dewi, 160207132, FTK, PBL, 082298657277.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah belum efektifnya proses ‎pembelajaran. Pembelajaran yang kurang efektif berakibat pada aktivitas dan hasil ‎belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ‎aktivitas dan hasil belajar peserta didik di MAN 1 Aceh Selatan pada materi ‎sistem peredaran darah dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, ‎Create, and Share kelas XI di MAN 1 Aceh Selatan. Metode penelitian yang ‎digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan ‎menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel ‎menggunakan teknik purposive sampling, peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai ‎kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional dan peserta didik ‎kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran ‎SSCS yang masing-masing kelas berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang ‎digunakan berupa lembar observasi dan tes menggunakan soal pretest dan posttest. ‎Data aktivitas belajar peserta didik dianalisis menggunakan rumus persentase ‎aktivitas belajar, aktivitas belajar peserta didik di kelas eksperimen pada ‎pertemuan I yaitu 71,35% (aktif) dan pertemuan II yaitu 86,45% (sangat aktif). ‎Sedangkan aktivitas belajar peserta didik di kelas kontrol pada pertemuan I yaitu ‎‎64,06% (aktif) dan pertemuan II yaitu 71,52% (aktif). Data hasil belajar dianalisis ‎menggunakan rumus uji t, yaitu uji Independent Sample T Test pada taraf ‎signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 ˂ 0,05, dan uji paired sample test sig.(2-‎tailed) sebesar 0,000 dengan kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara ‎kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima (model ‎SSCS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik). ‎

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yara Citra Dewi
Date Deposited: 30 May 2023 02:31
Last Modified: 30 May 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29340

Actions (login required)

View Item
View Item