Uji Aktivitas Antioksidan Menggunakan Metode Dpph (2,2-Diphenyl-1-Picrylhydrazyl) Pada Daun Benalu Mahoni (Dendrophthu Sp)

Siti Raihan Salsabila B.S, 180208109 (2023) Uji Aktivitas Antioksidan Menggunakan Metode Dpph (2,2-Diphenyl-1-Picrylhydrazyl) Pada Daun Benalu Mahoni (Dendrophthu Sp). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Uji Aktivitas Antioksidan Menggunakan Metode Dpph (2,2-Diphenyl-1-Picrylhydrazyl) Pada Daun Benalu Mahoni (Dendrophthu Sp)] Text (Uji Aktivitas Antioksidan Menggunakan Metode Dpph (2,2-Diphenyl-1-Picrylhydrazyl) Pada Daun Benalu Mahoni (Dendrophthu Sp))
Siti Raihan Salsabila B.S, 180208109, FTK, PKM, 082286940786.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan antioksidan sintesis seperti butil hidroksianisol (BHA) menimbulkan efek samping yang bersifat karsinogenik (pemicu kanker) karena dapat menyebabkan kerusakan alveolus tipe I dan kerusakan gen endothelial paru-paru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan yang terkandung dalam daun benalu mahoni (Dendrophthu sp) melalui metode DPPH (2,2 diphenyl-1-picrylhydrazyl). Ekstrak daun benalu mahoni didapatkan dari hasil maserasi secara bertingkat menggunakan pelarut n-heksana, etil asetat, dan etanol. Adapun uji yang dilakukan yaitu skrining fitokimia, uji kromatografis lapis tipis, uji aktvitas antioksidan menggunakan Spektrofotometer Visible Genesys-30, dan pengukuran nilai IC50. Dari skrining fitokimia diketahui bahwa sampel mengandung empat jenis senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid, tannin, saponin, dan steroid. Hal ini dikuatkan kembali dengan uji kromatografis lapis tipis dimana terdapat 4 noda yang terpisah secara baik menggunakan eluen n-heksana dan etil asetat (5:5) yang teridentifikasi nilai Rf nya sebagai nilai dari keempat metabolit sekunder di atas. Berdasarkan semua data eksperimen yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa daun benalu mahoni memiliki aktivitas antioksidan yang baik dengan nilai IC50 sebanyak 8,47 ppm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Siti Raihan Salsabila B.S
Date Deposited: 30 May 2023 02:44
Last Modified: 30 May 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29346

Actions (login required)

View Item
View Item