Asri Wijayanti, 160210020 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Kantong Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mekar Setaman Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Kantong Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia ]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Asri Wijayanti, 160210020, FTK, PIAUD, 082217246507.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang Peneliti lakukan di TK Mekar Setaman Kota Fajar kemampuan mengenal angka anak belum berkembang karena masih terdapat anak yang belum mampu menyebutkan angka secara acak 1-10, hal ini terjadi karena dalam kegiatan pembelajaran yang diterapkan hanya menggunakan media pohon angka dan kartu angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Media Kantong Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mekar Setaman. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif yaitu One Group Pre-test and Post-test Design. Teknik analisis data digunakan adalah teknik uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data Pre-test diperoleh nilai rata-rata 5,83 dan Post-test diperoleh nilai rata-rata 10,95. Hasil penerapan media kantong ajaib dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10. Sebagaimana yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 11,797>1.713 dimana α = 0,05 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha berbunyi pengaruh penggunaan media kantong ajaib berpengaruh terhadap kemampuan mengenal angka anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Setaman kota Fajar Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 600 Technology (Applied Sciences) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Asri Wijayanti Asri |
Date Deposited: | 30 May 2023 03:00 |
Last Modified: | 30 May 2023 03:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29353 |