Model Komunikasi Keluarga Atta Halilintar Dalam Menciptakan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah (Studi Pada Channel Youtube Atta Halilintar Konten-Konten Kekeluargaan)

Rainisa, 170401034 (2022) Model Komunikasi Keluarga Atta Halilintar Dalam Menciptakan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah (Studi Pada Channel Youtube Atta Halilintar Konten-Konten Kekeluargaan). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Komunikasi Keluarga Atta Halilintar  Dalam Menciptakan Keluarga Sakinah  Mawaddah Warahmah  (Studi Pada Channel Youtube Atta Halilintar Konten-Konten Kekeluargaan)] Text (Model Komunikasi Keluarga Atta Halilintar Dalam Menciptakan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah (Studi Pada Channel Youtube Atta Halilintar Konten-Konten Kekeluargaan))
Rainisa, 170401034, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi keluarga merupakan aktivitas anggota keluarga dalam menciptakan keharmonisan berumah tangga. Keluarga bertujuan untuk mencapai kesamaan pengertian melalui pola-pola komunikasi yang sesuai dalam mengungkap suka dan duka. Syaiful Bahri Djamarah menjelaskan, pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga menetukan arah yang ingin dituju oleh keluarga tersebut. Komunikasi keluarga sangat diperlukan oleh anggota keluarga guna menghidari munculnya perbedaan terhadap anggota keluarga yang berpengaruh terhadap penilaian dan sikap anggota keluarga. Tujuan penelitian ini adalah menelaah model komunikasi keluarga bahagia menurut Atta Halilintar dalam vidio konten youtube.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna mengungkap data secara mendalam melalui analisis isi yang bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik isi vidio konten yuotube Atta Halilintar guna mengidentifikasi secara sistematis, objektif, valid, reliabel dan dapat direplikas. Hasil dari penelitian ini Atta Halilintar menggunakan komunikasi keluarga denga cara menerapkan unsur hidup rukun, simpati dan juga kasih sayang, untuk mewujudkan keluarga yang Sakinah mawaddah warahmah dengan melakukan komunikasi yang instens dengan melibatkan unsur-unsur tersebut. Dapat dilihat bahwa dalam setiap postingan Atta menggunakan komunikasi yang baik hingga terciptanya hubungan keluarga yang harmonis. Kekuatan suatu bangsa dalam mempertahankan nilai-nilai kebenaran ditentukan bagaimana keharmonisan sebuah keluarga. Untuk itu Perguruan Tinggi perlu memperhatikan kurikulum Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah sebagai materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rainisa Nisa
Date Deposited: 30 May 2023 03:05
Last Modified: 30 May 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29365

Actions (login required)

View Item
View Item