Pengembangan Modul Kimia Berbasis Literasi informasi Pada Materi Minyak Bumi di MAS Darul Ulum Banda Aceh

Muhammad Nazrul Salefi, 170208008 (2022) Pengembangan Modul Kimia Berbasis Literasi informasi Pada Materi Minyak Bumi di MAS Darul Ulum Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Berbasis Literasi informasi 			  Pada Materi Minyak Bumi di MAS Darul Ulum Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Kimia Berbasis Literasi informasi Pada Materi Minyak Bumi di MAS Darul Ulum Banda Aceh)
Muhammad Nazrul Salefi, 170208008, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan modul kimia berbasis literasi informasi pada materi minyak bumi di MAS Darul Ulum Banda Aceh dilatar belakangi oleh belum adanya modul kimia berbasis literasi informasi di sekolah tersebut. Permasalahan pada penelitian ini mengenai apakah modul kimia berbasis literasi informasi ini layak dikembangkan dan bagaimana respon peserta didik dan respon guru terhadap modul kimia berbasis literasi informasi pada materi minyak bumi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, respon peserta didik dan guru terhadap pengembangan modul kimia berbasis literasi informasi pada materi minyak bumi di MAS Darul Ulum Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar respon. Analisis data validasi dan respon menggunakan persentase. Hasil validasi modul kimia berbasis literasi informasi dari tiga validator mendapatkan nilai rata-rata 93% dengan kriteria sangat layak, dan hasil berdasarkan respon peserta didik diperoleh persentase 93,14%. Hasil respon guru diperoleh persentase 93,33%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul kimia berbasis literasi informasi pada materi minyak bumi yang dikembangkan di MAS Darul Ulum Banda Aceh sangat layak digunakan. Dan hasil respon peserta didik menunjukkan persen 93,14% dengan kriteria sangat setuju dan guru 93,33% dengan kriteria sangat setuju. Artinya bahwa modul kimia berbasis literasi informasi ini dapat digunakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Nazrul Salefi Nazrul
Date Deposited: 31 May 2023 03:06
Last Modified: 31 May 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29371

Actions (login required)

View Item
View Item