Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Pada Siswa SMP/MTs

Ahmad Farhan, 180205030 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Pada Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ahmad Farhan, 180205030, FTK, PMA, 082364622010.pdf] Text
Ahmad Farhan, 180205030, FTK, PMA, 082364622010.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di abad 21 menuntun sistem pendidikan di Indonesia ikut menyesuaikan diri seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini Pola pembelajaran lama yang berpusat kepada guru diubah menjadi berpusat kepada peserta didik. Namun terdapat beberapa masalah dalam penerapan model pembelajaran tertentu. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber dan contoh praktik penerapan model pembelajaran menjadi alasan yang logis dalam masalah ini. Rata-rata guru hanya memahami model pembelajaran secara teori, namun masih sulit untuk menerapkannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya guru diberikan contoh praktik model pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat video pembelajaran, di mana video ini akan memuat setiap langkah-langkah model pembelajaran tertentu. Kali ini akan dikembangkan video pembelajaran berbasis Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembagan video pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning pada siswa SMP/MTs. Penelitian akan menggunakan metode research and development (R&D) dengan model 4D (four-D). model ini mempunyai empat tahapan yaitu pendefenisisan,perancangan,pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan yang dinilai oleh para ahli dan juga uji coba lapangan menyatakan bahwa video pembelajaran ini sangat valid dan sangat praktis, dengan rincian sebagai berikut. (1) dari ahli perangkat pembelajaran memberikan skor rata-rata 86,45% dan ahli media memberikan skor rata-rata 85,56% yang termasuk dalam kategori sangat baik. (2) dari uji coba skala kecil yang dilakukan dua responden yaitu guru dengan skor rata-rata 87,5% dan calon guru dengan skor rata-rata 87,91% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Farhan
Date Deposited: 31 May 2023 02:26
Last Modified: 31 May 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29382

Actions (login required)

View Item
View Item