Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (Mhm) Berbantuan Multimedia Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs

Cut Rina Rossalina, 190205065 (2023) Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (Mhm) Berbantuan Multimedia Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (Mhm)] Text (Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (Mhm))
Cut Rina Rossalina,190205065, FTK, PMA, 081269375741 .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan saat ini adalah melatih siswa berkomunikasi dalam proses belajar mengajar dan memiliki keterampilan untuk berpikir dalam meningkatkan hasil belajar salah satunya kemampuan berpikir kritis, namun kenyataannya hasil tes awal kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ialah dengan menggunakan strategi pembelajaran MHM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran MHM berbantuan multimedia dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada siswa SMPS Ummul Ayman Samalanga. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPS Ummul Ayman Samalanga. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang diimplementasikan strategi MHM dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol yang diimplementasikan dengan strategi pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=9,53 dan t_tabel=1,68. Jadi, karena t_hitung≥t_tabel atau 9,53 ≥1,68, maka terima 〖 H〗_1 dan tolak 〖 H〗_0. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Mathematical Habits of Mind (MHM) lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Sehingga strategi pembelajaran MHM ini dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lina Rossalina Cut
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:38
Last Modified: 07 Jun 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29518

Actions (login required)

View Item
View Item