Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisBerdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP

Yusnita, 180205001 (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisBerdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis] Text (Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis)
Yusnita, 180205001, FTK, PMA, 082160773623.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa karena berhubungan dengan proses penyelesaian masalah matematika. Namun tidak semua siswa dapat memahami soal terutama soal pemecahan masalah hal ini disebabkan oleh tingkat kemampuan yang dimiliki setiap siswa itu berbeda-beda karena sangat dipengaruhi oleh gaya belajar dan berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya belajar pada siswa SMPN 1 Bandar Baru. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas VIII yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yang dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, soal tes dan soal triangulasi, dan wawancara. Pengelompokkan data yaitu dengan menggunakan angket gaya belajar. Pengumpulan data dengan tes tulis dan wawancara. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, melakukan triangulasi waktu dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana namun masih sulit untuk memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya belajar auditori mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan masih sulit dalam memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya belajar kinestetik Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik cenderung mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan masih sulit dalam memeriksa kembali hasil penyelesaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yusnita Dek Ta
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:21
Last Modified: 07 Jun 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29568

Actions (login required)

View Item
View Item