Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Ummi Indaryani, 180205065 (2023) Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Think Pair Share Berbantuan Geogebra] Text (Model Think Pair Share Berbantuan Geogebra)
Ummi Indrayani, 180205065, FTK, PMA, 081264652010.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting karena dengan memahami sebuah konsep siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran matematika. Model Think Pair Share diduga salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model ini memiliki 3 tahapan, yaitu thinking (berpikir), pairing (berpasangan), dan sharing (berbagi). Kemudian diperlukan media pembelajaran yang sesuai, yaitu Geogebra. Geogebra merupakan media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis dan juga untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain pre test post test control group design. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas IX MTsN 5 Pidie Jaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan dalam penelitian ini sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX-C sebagai kelas eksperimen dan IX-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data, didapat bahwa t_hitung=2,323 dan t_tabel=1,684, maka t_hitung>t_tabel. Hal ini berarti bahwa tolak H_0 dan terima H_1. Berdasarkan uji-t tersebut, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi geometri yang diajarkan dengan model Think Pair Share berbantuan Geogebra lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem solving pada kelas IX MTsN 5 Pidie Jaya. Ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Think Pair Share berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX MTsN 5 Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ummi Indaryani
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:22
Last Modified: 07 Jun 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29573

Actions (login required)

View Item
View Item