Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Live Worksheet Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 1 Banda Aceh

Cut Nikmatul Ulya, 200202047 (2023) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Live Worksheet Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 1 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Lembar Kerja Peserta Didik] Text (Lembar Kerja Peserta Didik)
Cut Nikmatul Ulya, 200202047, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di MTsN 1 Banda Aceh, peneliti menemukan bahwa LKPD bahasa Arab dibagikan dalam bentuk kertas, padahal sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang terkenal dan unggul khususnya dalam bidang teknologi modern. Peneliti melihat bahwa penerapan LKPD dalam bentuk kertas saat ini kurang tepat, karena membutuhkan waktu yang lama saat mencetak dan saat mengoreksi jawaban. Namun dengan menggunakan teknologi modern dapat memudahkan guru untuk membuat soal dan memeriksa hasil jawabannya. dan soal-soal tersebut dapat dibuat dalam bentuk yang beragam agar dapat menarik perhatian siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Live Worksheets dalam pembelajaran bahasa arab, dan respon siswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Live Worksheets dalam pembelajaran bahasa arab. Dan metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen (One Group Pre-Test Post-Test). Adapun hasil penelitian ini bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Live Worksheets efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa arab, hal ini berdasarkan hasil uji (Paired Sample T-Test) yang menunjukkan hasil yang signifikan yaitu 0,00 yang lebih kecil daripada 0,05. Dan hasil dari respon siswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Live Worksheets dalam pembelajaran bahasa arab mendapat respon yang unggul, karena hasil respon positif dengan nilai 96,19% lebih banyak daripada respon negatif dengan nilai 3,80%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cut Nikmatul Ulya Ulya
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:47
Last Modified: 08 Jun 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item
View Item