Penataan Kawasan Objek Wisata Bate Iliek, Bireuen

Bella Ananda Islami, 170701036 (2022) Penataan Kawasan Objek Wisata Bate Iliek, Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penataan Kawasan Objek Wisata Bate Iliek, Bireuen] Text (Penataan Kawasan Objek Wisata Bate Iliek, Bireuen)
LAPORAN TUGAS AKHIR BELLA ANANDA ISLAMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB)

Abstract

Provinsi Aceh merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alamnya, termasuk dalam sektor pariwisata. Keindahan dan potensi alam ini dapat dijadikan sebuah objek wisata alam yang dapat menyegarkan pikiran dari aktivitas perkotaan. Walaupun demikian, masih banyak objek wisata alam yang tidak terurus sehingga kehilangan daya tariknya. Objek wisata Batee Iliek yang berlokasi di Kabupaten Bireuen merupakan salah satu objek wisata alam yang masih terjaga sehingga banyak didatangi wisatawan. Keindahan sungainya menjadi daya tarik objek wisata ini. Namun fasilitas yang terdapat pada kawasan objek wisata ini masih kurang memadai, sehingga tidak memberi nilai tambah terhadap objek wisata. Selain itu, tidak adanya sarana hiburan lain juga merupakan salah satu kekurangan tempat wisata ini. Maka dari itu dibutuhkan fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung kegiatan wisata di tempat ini selain wisata airnya. Tujuan dari penataan kawasan objek wisata ini adalah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada kawasan objek wisata, dari segi fasilitas dan sarana prasarananya tanpa merusak alam sekitar. Konsep yang akan diterapkan adalah ‘Back to Nature’ dengan pendekatan Arsitektur Organik. Konsep Back to nature akan menampilkan bangunan yang terhubung langsung dengan lingkungannya tanpa batasan antara ruang dalam dan luar, sehingga menjadikan bangunan dengan alam menjadi satu kesatuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings (Konstruksi Bangunan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Bella Ananda Islami Bella
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:51
Last Modified: 08 Jun 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29605

Actions (login required)

View Item
View Item