Penerapan imla’ Mandhur dengan media gambar tempel untuk mengetahui kemampuan siswa pada keterampilan menulis (Metode Experimen di DayahDarulFikri Aceh Besar)

Yunasri, 150202111 (2022) Penerapan imla’ Mandhur dengan media gambar tempel untuk mengetahui kemampuan siswa pada keterampilan menulis (Metode Experimen di DayahDarulFikri Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan imla’ Mandhur dengan media gambar tempel] Text (Penerapan imla’ Mandhur dengan media gambar tempel)
Yunasri, 150202111, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Judul penelitian dalam skripsi ini adalah “Penerapan imla’ Mandhur dengan gambar tempel untuk mengetahui kemampuan murit pada keterampilan menulis (Metode Experimen di Dayah Darul fikri Aceh Besar). Adapun permasalahan murid dalam pembelajaran bahasa arab ialah masih kesulitan dalam menulis bahasa arab dengan sempurna terutama dalam pembelajaran imla’ karena murid di kelas 2B di pesantren ini sangat kesulitan menulis pada keterampilan menulis seperti makhraj huruf dan mereka tidak bisa menyambung huruf arab dengan baik, bagus dan benar. Adapun tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah untuk mengetahui keefektifan gambar pada pembelajaran imla’ mandhur dengan media gambar tempel pada keterampilan menulis huruf hijaiyyah di pesantren darul fikri. Dan untuk mengetahui respon murid terhadap penerapan imla’ mandhur dengan media gambar tempel pada keterampilan menulis huruf hijaiyyah di Dayah Darul Fikri. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah seluruh murid di Dayah yang jumlah mereka adalah 62 orang. Maka peneliti mengambil sampel murid kelas 2B yang berjumlah 15 orang. Adapun Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah observasi langsung, pre-test dan post-test. Adapun analisis data pre-test dan post-test peneliti menggunakan rumus–T, dan rumus persentase untuk analisis data observasi langsung. Hasil penelitian aktifitas siswa dalam menerima pembelajaran memperoleh nilai 86,66 (mumtaz). Adapun hasil keseluruhan penelitian yaitu bahwa pembelajaran imla’ mandhur efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis, dan hasil T hitung lebih besar dari pada T tabel (2,77< 2,64 >2,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunasri Yunasri
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:25
Last Modified: 12 Jun 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29719

Actions (login required)

View Item
View Item