Pengaruh Media Video Terhadap Penguasaann Mufradat

Ihya Dinika, 140202074 (2023) Pengaruh Media Video Terhadap Penguasaann Mufradat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Media Video Terhadap Penguasaann Mufradat] Text (Pengaruh Media Video Terhadap Penguasaann Mufradat)
Ihya Dinika, 140202074, FTK, PBA, 085668899808.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti mengamati proses pembelajaran bahasa arab di TPA Nurul Huda Durian Kawan. Peneliti melihat bahwa sebagian siswa di TPA ini tidak memahami dan menguasai mufradat. Hal ini dikarenakan guru pengajara bahasa arab yang tidak menggunakan media ketika proses pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan media yaitu video sebagai media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh penerapan media video tersebut terhadap siswa dalam penguasaan mufradat. Dan untuk mengidentifikasi respon siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media video. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test post-test, dan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan angket. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif. Dan sebagai sampel dalam penelitian, peneliti memilih kelas 1 (A) yang berjumlah 15 orang siswa. Peneliti menggunakan nilai persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa data respon siswa dan menganalisa uji T untuk memperoleh nilai efektivitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa penerapan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat dan hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran mufradat menggunakan media video berada pada tingkatan tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ihyadinika Ihya
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:11
Last Modified: 14 Jun 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29751

Actions (login required)

View Item
View Item