Pengolahan Limbah Cair Rumah Makan Menjadi Air Bersih dengan Metode Kombinasi Saringan Pasir Bertingkat-Ultrafiltrasi Membran Polyethersulfone (PES)

Intan Fadhilah, 180702033 (2022) Pengolahan Limbah Cair Rumah Makan Menjadi Air Bersih dengan Metode Kombinasi Saringan Pasir Bertingkat-Ultrafiltrasi Membran Polyethersulfone (PES). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Limbah Cair Rumah Makan] Text (Limbah Cair Rumah Makan)
Intan Fadhilah, 180702033, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Limbah cair rumah makan merupakan limbah domestik dengan kadar pencemar yang cukup tinggi, apabila dengan jumlah yang banyak dibuang ke lingkungan tanpa pengolahan lebih lanjut dapat mengakibatkan pencemaran. Kemudian dengan seiring perkembangan teknologi, limbah cair domestik kini telah dapat diolah dan dimanfaatkan kembali, maka pengolahan yang dapat digunakan untuk mengolah limbah rumah makan tersebut ialah metode kombinasi pasir bertingkat dan teknologi membran. Pengolahan dalam penelitian ini dilakukan dengan proses metode kombinasi saringan bertingkat dengan aliran downflow dan ultrafiltrasi membran PES. Komposisi media filter pada saringan bertingkat terdiri dari pasir silika, karbon aktif, zeolit, dan kerikil dengan masing-masing ketebalan media ialah 15 cm pada pipa PVC ukuran 4 inci. Membran PES yang digunakan memiliki konsentrasi polimer PES 15% dan PES 20%, dengan parameter pencemar yang diukur efisiensinya adalah pH, TSS, COD dan kekeruhan. Besarnya efektivitas penurunan pencemar berbeda-beda, pH dapat berubah menjadi 6,9, TSS dapat terdegradasi sampai 98,37%, COD dapat terdegradasi sampai 88,14% dan kekeruhan dapat terdegradasi mencapai 97,03%. Perlakuan paling baik dalam pengolahan limbah cair rumah makan menjadi air bersih adalah menggunakan metode kombinasi saringan bertingkat dan ultrafiltrasi membran PES 20%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Intan Fadhilah Intan
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:10
Last Modified: 13 Jun 2023 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29763

Actions (login required)

View Item
View Item