Pembelajaran Imla’ Masmu’ Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis di MTsS Al-Furqan,Bireuen.

Hafiz Al Ahzan, 180202080 (2023) Pembelajaran Imla’ Masmu’ Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis di MTsS Al-Furqan,Bireuen. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pembelajaran Imla’ Masmu’ Dengan Media Audio Visual] Text (Pembelajaran Imla’ Masmu’ Dengan Media Audio Visual)
Hafiz Al Ahzan, 180202080, FTK, PBA, 082161472731.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti pada kelas 2c MTsS Al-Furqan,Bireuen, para siswa belum mampu untuk menulis bahasa Arab dengan benar,karena mereka tidak bisa menghubungkan dan memisahkan huruf-hurufnya dengan sempurna.Dalam proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat,hanya menggunakan metode ceramah saja. Berdasarkan permasalahan tersebut,peneliti ingin mengatasinya dengan mengajarkan Imla’ Masmu’ dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas siswa dalam pembelajaran Imla’ Masmu’ dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis,dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Imla’ Masmu’ dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen One Group Pre-Test,Post-Test Design. Peneliti mengambil sampel penelitian pada kelas 2c yang berjumlah 35 siswa. Adapun alat yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Imla’ Masmu’ dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sangat baik,terbukti dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa sebesar 82,5% . pembelajaran Imla’ Masmu’ dengan media audio visual efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis,dengan tingkat signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hafiz Al Ahzan Hafiz
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:50
Last Modified: 15 Jun 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29827

Actions (login required)

View Item
View Item