Penggunaan Cerita-Cerita Pendek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Tingkat Tsanawiyah di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar

Kiki Damayanti, 170202147 (2023) Penggunaan Cerita-Cerita Pendek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Tingkat Tsanawiyah di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Berbicara] Text (Kemampuan Berbicara)
Kiki Damayanti, 170202147, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dari pengamatan peneliti dalam proses pengajaran bahasa arab bahwa siswa tidak mampu berbicara bahasa arab dengan baik dan lancar, dan mereka mengatakan bahwa bahasa arab itu sulit, sehingga pada saat proses pengajaran mereka merasa bosan. Hal itu karena guru tidak menggunakan media yang tepat selama proses pengajaran bahasa arab khususnya pada keterampilan berbicara. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh cerita-cerita pendek terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Adapun hasil penelitian yang diperoleh pertama bahwa penggunaan cerita-cerita pendek berpengaruh efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, terbukti dari hasil uji (wilcoxon Sing Rank Test diperoleh tingkat signifikansi Asymp. Sig. 2- tailed) 0,000 yang lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dan kedua bahwa kegiatan guru dan respon siswa dalam menggunakan cerita-cerita pendek baik dan mempengaruhi perkembangan keterampilan berbicara siswa sehingga memperoleh hasil yang sangat baik, yang berdasarkan hasil observasi guru 90% dan hasil observasi siswa 90%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kiki Damayanti Kiki
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:41
Last Modified: 15 Jun 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29835

Actions (login required)

View Item
View Item