Nilai Filosofis dalam Tarian Rapai Geleng (Studi Kasus di Desa Seunelop Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya)

Shelly, 180301020 (2022) Nilai Filosofis dalam Tarian Rapai Geleng (Studi Kasus di Desa Seunelop Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai Filosofis] Text (Nilai Filosofis)
Shelly, 180301020, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Rapai merupakan salah satu media dalam pengembangan dakwah Islam yang digunakan pada sekitar tahun 1952 oleh para pemuka agama terdahulu di Gampong Seunelop, Kabupaten Aceh Barat Daya. Diketahui pelopor utamanya adalah Syeikh Sulaiman al-Farisi. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui sejarah lahirnya tarian rapai geleng serta nilai-nilai filosofis yang terdapat dalam tarian rapai geleng, dan pergesaran nilai yang ada dalam tarian rapai geleng tersebut, sehingga memberikan infomasi terkait perkembangan dan perubahan-perubahan yang ada pada masa sekarang dalam tarian rapai geleng itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa wawancara secara langsung, serta dokumentasi dan observasi. Langkah selanjutnya dilakukan analisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa rapai geleng ditemukan pertama kali di Gampong Seunelop, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya. Nilai-nilai filosofis yang terdapat dalam tarian rapai geleng dikategorikan menjadi dua macam, yaitu nilai etis dan nilai estetis. Nilai-nilai etis yang terdapat dalam tarian ini meliputi makna-makna keagamaan dan sikap-sikap yang ditunjukkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Shelly Shelly
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:09
Last Modified: 16 Jun 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item
View Item