Efektivitas Penggunaan Media Rolling Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa dalam Memahami Teks (Penelitian Eksperimen di MTsS Darul Ulum Banda Aceh)

Zulfina Kautsara, 180202123 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Rolling Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa dalam Memahami Teks (Penelitian Eksperimen di MTsS Darul Ulum Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Rolling Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa dalam Memahami Teks (Penelitian Eksperimen di MTsS Darul Ulum Banda Aceh)] Text (Efektivitas Penggunaan Media Rolling Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa dalam Memahami Teks (Penelitian Eksperimen di MTsS Darul Ulum Banda Aceh))
Zulfina Kautsara, 180202123, FTK, PBA, 085215996599.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan obeservasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti, sebagian besar siswi kelas 2/2 di MTsS Darul Ulum Banda Aceh kesulitan dalam memahami teks dikarenakan peran guru yang kurang optimal dalam pengelolaan proses pembelajaran dan pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat sehingga proses belajar menjadi tidak efektif, menjadikan pembelajaran monoton dan kurang beragam, serta mengurangi keinginan siswa untuk belajar membaca. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba untuk menerapkan media Rolling Ball untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam memahami teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan media Rolling Ball untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam memahami teks dan mengidentifikasi efektivitas penggunaan media Rolling Ball untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam memahami teks. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen (One Group Pre-test and Post-test Design). Adapun hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media Rolling Ball di MTsS Darul Ulum Banda Aceh sangat baik. Hal ini terlihat dari Hasil observasi kegiatan guru sebesar 92,1% dengan nilai sangat baik dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 89,7% dengan nilai yang sangat baik. Adapun pengunaan media Rolling Ball efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam memahami teks. Hal ini terlihat dari hasil uji T-Test yang menunjukkan tingkat signifikasi (2- tailed) 0,00<0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zulfina Kautsara Sara
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:01
Last Modified: 16 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29881

Actions (login required)

View Item
View Item