Analisis Butir Soal Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ma’had Jeumala Pidi jaya

Raudhatul Husna, 180202043 (2023) Analisis Butir Soal Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ma’had Jeumala Pidi jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Butir Soal Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ma’had Jeumala Pidi jaya] Text (Analisis Butir Soal Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ma’had Jeumala Pidi jaya)
Raudhatul Husna, 180202043, FTK, PBA, 082168801158.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan menganalisis butir soal adalah kegiatan yang harus dilakukan guru dalam rangka meningkatkan mutu soal yang telah disusun dan bertujuan untuk mengadakan identifikasi soal-soal yang baik, kurang baik, dan soal yang jelek. Adapun tujuan dari peneletian ini yaitu untuk menganalisis kualitas pembuatan butir soal ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini merupakan jenis peneletian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah lembaran jawaban siswa. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan pogram Anates. Hasil peneletian menunjukkan bahwa: hasil analisis validitas butir soal bahasa arab tahun 2022 menunjukkan bahwa 14 butir soal (56%) masuk dalam kategori soal yang valid. Pada hasil reliabilitas menunjukkan 0,90, nilai ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang tinggi reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 8 butir soal (32%), sedang berjumlah 8 butir soal (32%) dan mudah berjumlah 9 butir soal (36%). Sedangkan hasil analisis daya beda butir soal menunjukkan bahwa 8 butir 32% memiliki daya pembeda yang cukup baik. Nilai tersebut menunjuki bahwa kualitas validitas butir soal yang baik, dan memiliki kualitas reliabilitas butir soal yang baik sekali, dan memiliki kualitas daya kesulitan yang tidak baik, dan memiliki kualitas daya pembeda yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Raudhatul Husna
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:10
Last Modified: 16 Jun 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29888

Actions (login required)

View Item
View Item