Penggunaan Tariqah Intiqaiyyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Man 2 Pidie Jaya (Studi Deskriptif)

Sabrina, 180202115 (2023) Penggunaan Tariqah Intiqaiyyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Man 2 Pidie Jaya (Studi Deskriptif). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Tariqah Intiqaiyyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Man 2 Pidie Jaya (Studi Deskriptif)] Text (Penggunaan Tariqah Intiqaiyyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Man 2 Pidie Jaya (Studi Deskriptif))
Sabrina, 180202115, FTK, PBA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan, guru menggunakan berbagai metode. Metode selektif merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana penggunaan metode selektif dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Pidie Jaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dan analitis pada siswa kelas III (A) MAN 2 Pidie Jaya, dan alat penelitian yang digunakan peneliti adalah observasi langsung, wawancara, dan angket. Hasil penelitian adalah guru menggunakan metode selektif dengan baik dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Pidie Jaya, dan metode yang umum digunakan adalah metode langsung, metode auditori dan lisan, dan metode kaidah penerjemahan, dan guru hanya menggunakan metode pengajaran papan tulis dan buku teks. Hasil angket respon siswa terhadap MAN 2 Pidie Jaya dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode selektif ditinjau dari persentase diperoleh hasil jawaban “Ya” sebanyak 154 (15,4%), dan hasil jawaban Tidak" adalah 46 (4,6%). Berdasarkan hasil angket respon siswa setelah pendidikan ini, jawaban “ya” lebih banyak daripada jawaban “tidak”: 15,4% > 4,6%. Skor ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa lebih mudah memahami dan berkeinginan dalam belajar. Dengan demikian, metode selektif dapat diterapkan dalam pengajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sabrina Sabrina
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:14
Last Modified: 16 Jun 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29889

Actions (login required)

View Item
View Item