Pengaruh pelajaran Mahfudzhat terhadap motivasi belajar bahasa Arab di pesantren Nurul Islam Bener Meriah

Ridho Mauliddin, 180202117 (2023) Pengaruh pelajaran Mahfudzhat terhadap motivasi belajar bahasa Arab di pesantren Nurul Islam Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendidikan] Text (Membahas tentang pendidikan)
Ridho Mauliddin, 180202117, FTK, PBA, 082260883958.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Mahfudzhat dan pengaruh pelajaran Mahfudzhat untuk motivasi belajar bahasa Arab siswa di pesantren Nurul Islam Bener Meriah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas satu yang berjumlah 73 siswa, kemudian peneliti mengambil 34 siswa kelas 1A1 sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperiment jenis one group pretest-posttest design, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Maka hasil penelitian dari pengaruh pelajaran Mahfudzhat untuk motivasi belajar bahsa Arab sangat baik menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mendapatkan nilai sangat baik dengan skor 93,3%. Dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh murid dengan skor 85%. Dan Pelajaran Mahfudzhat berpengaruh terhadap motivasi belajar bahasa Arab diperjelas dengan hasil T-Test yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,00 yaitu lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ridho Mauliddin
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:51
Last Modified: 20 Jun 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29952

Actions (login required)

View Item
View Item