Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Kinemaster Pada Pembagian Fi’il

Ghina Mauliani, 180202222 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Kinemaster Pada Pembagian Fi’il. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Kinemaster Pada Pembagian Fi’il] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Kinemaster Pada Pembagian Fi’il)
Ghina Mauliani, 180202222, FTK, PBA, 082185119392.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan video pembelajaran dan respon peserta didik terhadap video pembelajaran menggunakan kinemaster pada materi pembagian fi’il. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode “penelitian dan pengembangan” (research & development) dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket dalam bentuk angket analisis kebutuhan, angket kelayakan media, dan angket respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 27 orang dan 2 orang ahli kelayakan media.. tekhnik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan statistik presentase. Hasil penelitian pada materi pembagian fi’il dikembangkan dalam bentuk video pembelajaran dengan menggunakan KineMaster melalui 5 tahapan yaitu: (1) tahap analysis terdiri dari analisis kebutuhan, (2) tahap design terdiri dari rancangan isi dan tampilan media video pembelajaran (3) tahap development menunjukkan bahwa media video pembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase hasil validasi kelayakan media sebesar 97,29 %. (4) tahap implementation yaitu tahap uji coba video pembelajaran yang diimplementasikan pada peserta didik. Tanggapan peserta didik terhadap media tersebut menunjukkan respon positif yang dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 88,24%. (5) Evaluation menunjukkan bahwa tingkat dari keberhasilan pengembangan media video kinemaster “sangat layak” digunakan sebagai media video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ghina Mauliani
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:16
Last Modified: 22 Jun 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30002

Actions (login required)

View Item
View Item