Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Pada Siswa SMP

Vivit Arisna, 160205107 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Vivit Arisna, 160205107, FTK, PMA, 082360783609.pdf] Text
Vivit Arisna, 160205107, FTK, PMA, 082360783609.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam belajar geometri berhubungan erat dengan kemampuan visualisasi, yang dibutuhkan untuk memahami unsur-unsur objek atau mengenal objek secara abstrak.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra terhadap kecerdasan visual spasial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (quasi eksperiment) dan menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Pada penelitian ini yang menjadi populasi yang akan diteliti adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Darul Imarah tahun ajaran 2021/2022, dan sampel yang terpilih adalah dua kelas yang terdiri dari kelas IX-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-5 sebagai kelas kontrol. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah berdasarkan hasil analisis data, maka di dapat t hitung = 3,3607. Untuk membandingkan t hitung dengan t tabel maka perlu dicari dahulu derajat kebebasan dengan menggunakan rumus dk = (n1 + n2 – 2)= (26 +20– 2) = 44. Berdasarkan perhitungan tersebut didapatkan nilai t hitung= 3,3607 dan diperoleh t0,95 (44) = 2,021. Sehingga t hitung > t tabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra terhadap kecerdasan visual spasial siswa kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Vivit Arisna
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:31
Last Modified: 22 Jun 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30014

Actions (login required)

View Item
View Item