Penerapan Uslub Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 8 Aceh Besar)

Nur Fadillah, 190202131 (2023) Penerapan Uslub Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 8 Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Uslub Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 8 Aceh Besar)] Text (Penerapan Uslub Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 8 Aceh Besar))
Nur Fadillah, 190202131, FTK, PBA, 085261805137.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Peneliti memperhatikan MTsN 8 Aceh Besar para siswa memahami aturan tata bahasa dan tidak dapat menerapkannya dengan cara yang benar karena guru tidak mengajar dengan metode pendidikan yang sesuai dengan mengajarkan bahasa arab dan hanya mengandalkan metode diskusi saja. Peneliti mengidentifikasi materi pendidikan dalam peneliti ini pada kalimat nominal dan verbal. Peneliti percaya bahwa uslub discovery learning membantu siswa meningkatkan kemampuan pengajaran tata bahasa mereka. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penerapan uslub discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu dan respon mereka terhadap penerapan ini. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen (pre-Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 8 Aceh Besar yang berjumlah 396 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua yang berjumlah 33 orang siswa. Intsrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah soal pre-test post-test dan angket. Hasil penelitian adalah penerapan uslub discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu terbukti efektif berdasarkan T-test lebih besar dari pada T-tabel (1,68 <13,31> 2,36). Sedangkan respon santri terhadap pembelajaran ini adalah positif dengan nilai rata-rata 96,97%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Fadillah
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:56
Last Modified: 23 Jun 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item
View Item