Pengembangan Buku Ayo Belajar Bahasa Arab Dengan LKS Terhadap Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mereka Pada Menulis Huruf Hijaiyah

Muharramah, 191004017 (2023) Pengembangan Buku Ayo Belajar Bahasa Arab Dengan LKS Terhadap Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mereka Pada Menulis Huruf Hijaiyah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.

[thumbnail of Pengembangan Buku Ayo Belajar Bahasa Arab Dengan LKS Terhadap Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mereka Pada Menulis Huruf Hijaiyah] Text (Pengembangan Buku Ayo Belajar Bahasa Arab Dengan LKS Terhadap Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mereka Pada Menulis Huruf Hijaiyah)
Muharramah, 191004017, Pascasarjana, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Pengembangan Buku “Ayo Belajar Bahasa Arab” dengan LKS terhadap siswa untuk meningkatkan keterampilan siswa pada keterampilan menulis (penelitian R&D di MIN 15 Pidie Jaya)”. Peneliti menemukan permasalahan bahwa sekitar 60% siswa kelas 3 di MIN 15 pidie jaya mereka tidak mampu menulis huruf hijaiyah dengan benar, bahkan ada sebagian dari mereka ada yang menulis dari kiri ke kanan, terlebih lagi ketika mereka menulis huruf yang bersambung yang terdapat pada kalimat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan LKS untuk membantu meningkatkan kemampuan mereka terhadap penulisan huruf hijaiyah. Adapun LKS yang ingin dikembangkan peneliti adalah tata cara penulisan hijaiyah yang terpisah maupun huruf hijaiyah yang bersambung untuk melatih mereka dalam menulis sehingga mereka mampu menulis kata maupun kalimat bahasa arab dengan benar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan LKS. Dan untuk mengetahui tingkat efektifitas pengembangan LKS yang sudah dikembangkan. Peneliti ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket siswa, validasi pakar, dan tes. Dan peneliti mengambil 15 siswa kelas 3 sebagai sampel. Adapun teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus T-test dari program SPSS. Dan hasil yang diperoleh berdasarkan dari penelitian ini adalah pengembangan LKS berdasarkan penilaian pakar valid dengan nilai 93%, adapun hasil tes menunjukkan bahwa penggunaan LKS efektif untuk meningkatkan kemampuan mereka terhadap penulisan huruf hijaiyah. Hal ini berdasarkan dari hasil nilai sig 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muharramah Muharramah
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:19
Last Modified: 23 Jun 2023 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30073

Actions (login required)

View Item
View Item