Laporan Penelitian Pemetaan Batu Nisan Plang-Pleng Di Desa Lampageu Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar

Sanusi Ismail, 2006047003 (2020) Laporan Penelitian Pemetaan Batu Nisan Plang-Pleng Di Desa Lampageu Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Project Report. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Laporan Penelitian Pemetaan Batu Nisan Plang-Pleng di Desa Lampageu Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar] Text (Laporan Penelitian Pemetaan Batu Nisan Plang-Pleng di Desa Lampageu Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar)
LAPORAN PENELITIAN PEMETAAN BATU NISAN PLANG PLENG DI DESA LAMPAGEU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Aceh memiliki berbagai jenis tinggalan arkeologi dan salah satu benda budayanya yang sangat khas adalah batu nisan. Batu nisan ini tersebar di seluruh kawasan di Aceh baik di wilayah pesisir maupun di pedalaman. Artefak ini memiliki nilai sangat penting karena memuat berbagai dimensi informasi terkait sejarah perkembangan kebudayaan masyarakat Aceh pada masa lampau dan juga proses Islamisasi di Asia Tenggara. Karena kepentingan tersebut maka banyak batu nisan penting di Aceh yang sudah dirawat dan dijaga dengan baik sehingga jauh dari ancaman dan kerusakan. Selain itu, ada juga batu nisan yang memuat data-data penting masih dalam kondisi sangat terancam sehingga harus segera diselamatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
900 Geography and History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sanusi Ismail
Date Deposited: 23 Jun 2023 14:52
Last Modified: 23 Jun 2023 14:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item
View Item