Tathbiq Wasiilah Al Qishah Al Musawwarah Al Basiithah Litarqiyyati Qudrah Ath thaalibat 'ala Maharah Al Qiraah bi SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar

Rahmi Izayati, 180202143 (2023) Tathbiq Wasiilah Al Qishah Al Musawwarah Al Basiithah Litarqiyyati Qudrah Ath thaalibat 'ala Maharah Al Qiraah bi SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tathbiq Wasiilah Al Qishah Al Musawwarah Al Basiithah Litarqiyyati Qudrah Ath thaalibat 'ala Maharah Al Qiraah bi SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar] Text (Tathbiq Wasiilah Al Qishah Al Musawwarah Al Basiithah Litarqiyyati Qudrah Ath thaalibat 'ala Maharah Al Qiraah bi SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar)
Rahmi Izayati,180202143, FTK, PBA, 085216596485.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada Observasi pertama peneliti menemukan masalah di kelas 1 C di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar yaitu dimana siswa kurang berminat dalam belajar bahasa Arab. Hal tersebut membuat siswa kesulitan dalam membaca teks Arab dan juga belum mampu memahami isi teks yang dipelajari serta menerjemahkan teks dengan benar. Dengan permasalahan ini peneliti mencoba menerapkan media cerita bergambar sederhana untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dalam penerapan media cerita bergambar sederhana dalam kemampuan membaca, dan untuk mengetahui efektifitas penerapan media cerita bergambar sederhana untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat-alat penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar sederhana mendapat respon yang positif yaitu respon positif lebih besar dari respon negative dengan persentase 91% > 9%, ini menunjukkan bahwa media ini bisa meningkatkan kemampuan siswa dan minat siswa dalam membaca. Dan penggunaan media cerita bergambar ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dengan hasil (“t” Test) lebih besar dari pada (“t” tabel) 2,77 <7,86 > 2,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rahmi Izayati
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:37
Last Modified: 12 Jul 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item
View Item