Penggunaan Metode Ceramah Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis

Muhammad Alief Al Mukhlisin, 190202024 (2023) Penggunaan Metode Ceramah Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Ceramah Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis] Text (Penggunaan Metode Ceramah Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis)
Muhammad Alief Al Mukhlisin, 190202024, FTK, PBA, 081263345083_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

MIN 10 Banda Aceh adalah salah satu sekolah yang berada di Banda Aceh. Berkaitan pada tidak aktifnya siswa dalam mempelajari bahasa Arab pada umumnya dan terkhusus dalam hal menulis, berujung pada penurunan kemampuan mereka dalam menulis huruf maupun kosa kata secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh penggunaan metode ceramah menggunakan media gambar pada pembelajaran menulis dan bagaimana aktivitas guru dan murid saat menggunakan metode ceramah menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta menggunakan desain one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian yang peneliti ambil ialah seluruh siswa MIN 10 Banda Aceh, yang berjumlah 320 siswa. Sementara itu, sampel yang diambil oleh peneliti adalah seluruh siswa kelas IV “A” yang berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan untuk menilai aktivitas guru dan murid saat menggunakan metode ini adalah dengan melakukan observasi langsung. Adapun hasil dari penggunaan metode ceramah menggunakan media gambar mendapatkan tingkatan “baik sekali” dan ini dilihat dari hasil observasi langsung bahwa kegiatan guru bernilai 84% dan kegiatan siswa bernilai 84%, hal ini menunjukkan bahwa hasil tersebut berada diantara 81-100% dengan tingkatan “baik sekali”. Dan penerapan metode ceramah menggunakan media gambar berpengaruh pada kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis. Menurut uji coba dengan menggunakan Rank test hasilnya Z (-4,464), dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,000 lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05). membutikan bahwa nilai (Ha) diterima dan nilai (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alief Al Mukhlisin
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:45
Last Modified: 14 Jul 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item
View Item