Pengembangan Media Simulasi Titrasi Asam Basa Di SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji

Yuniska Suzerra, 180208101 (2023) Pengembangan Media Simulasi Titrasi Asam Basa Di SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Simulasi Titrasi Asam Basa Di SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji] Text (Pengembangan Media Simulasi Titrasi Asam Basa Di SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji)
Yuniska Suzerra, 180208101, FTK, PKM, 085156707502.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kelengkapan alat dan bahan praktikum yang disediakan untuk pelajaran kimia terutama pada materi titrasi asam basa. Proses belajar mengajar hanya mengunakan buku ajar tanpa melakukan praktikum. Maka dengan adanya pengembangan media simulasi titrasi asam basa yang memuat tentang praktikum secara virtual dapat menjadi bahan ajar tambahan yang digunakan oleh guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media simulasi titrasi asam basa yang dikembangkan serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media simulasi titrasi asam basa sebagai bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran kimia. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) melalui prosedur tahapan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang validator serta angket respon yang disebarkan kepada 26 siswa kelas XII IPA di SMA Negeri Unggul Darussalam Labuhanhaji. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan presentase sebanyak 94,96 % dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada peserta didik melalui penyebaran angket respon diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 89,49% dengan kualifikasi “sangat layak”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media simulasi titrasi asam basa sangat layak untuk digunakan oleh dalam proses pembelajaran kimia pada materi titrasi asam basa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Yuniska Suzerra
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:31
Last Modified: 18 Jul 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30328

Actions (login required)

View Item
View Item