Penerapan Media Circular Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab

Safrina, 180202053 (2023) Penerapan Media Circular Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Circular Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab] Text (Penerapan Media Circular Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab)
Safrina, 180202053, FTK, PBA, 085275578829.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah banyak perserta didik tidak memahami kosa kata yang telah mereka pelajari karna guru di sekolah ini tidak menggunakan media yang berfariasi dalam proses pembelajaran. Guru bahasa arab berfokus mengajarkan apa yang ada di teks saja sehingga peserta didik tersebut sulit dalam memahami kosa kata dan oleh sebab itu pembelajaran menjadi membosankan bagi siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan penerapan media Circular Card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata peserta didik dan untuk mengidentifikasi respon peserta didik terhadap penerapan media Circular Card dalam pengajaran kosa kata. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode eksperimen serta dalam pengumpulan data penelitian peneliti melakukan pre-test dan post-test serta angket. Adapun populasi dari penelitian ini adalah semua peserta didik pada kelas Enam di MIN 7 Banda Aceh dan sampel yang dipilih oleh peneliti adalah siswa dikelas Enam “4” dan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah penerapan media Circular Card adalah efektif untuk meningkatkan kemampuan kosa kata peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan T-hitung lebih besar dari pada T-tabel yaitu 2,76 < 6,56 > 2,76 dan penerapan media Circular Card dalam pendidikan kosa kata peserta didik mendapat respons positif dari peserta didik dengan bukti respons positif lebih besar dari respons negatis dengan nilai 60% > 30,8%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Safrina Rina
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:32
Last Modified: 24 Jul 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30345

Actions (login required)

View Item
View Item