Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Pengenalan Kalimat Thayyibah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk N 5 Banda Aceh

Asmaul Husna, 180210001 (2023) Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Pengenalan Kalimat Thayyibah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk N 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Pengenalan Kalimat Thayyibah Pada Anak  Usia 5-6 Tahun Di Tk N 5 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Pengenalan Kalimat Thayyibah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk N 5 Banda Aceh)
Asmaul Husna, 180210001, FTK, PIAUD, 082269197721.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan mengenal kalimat thayyibah untuk anak usia 5-6 tahun dapat dinilai dari aktivitas pembelajaran anak. Anak seharusnya mampu dalam mengenal dan mengucapkan kalimat thayyibah yang sederhana dalam kehidupan. Akan tetapi peneliti menemukan beberapa anak TKN 5 Banda Aceh masih kurang kemampuan dalam mengenal kalimat thayyibah dikarenakan pengenalan kalimat thayyibah yang dilakukan oleh guru menggunakan cara mewarnai. Maka dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap pengenalan kalimat thayyibah pada anak usia 5-6 tahun di TK N 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen dalam bentuk pretest-posttes menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian yaitu kelas B1 berjumlah 30 orang anak dan kelas B2 berjumlah 30 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk melihat kemampuan mengenal kalimat thayyibah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat digunakan dalam pengenalan kalimat thayyibah pada anak usia 5-6 tahun di TK N 5 Banda Aceh. Hal ini berdasarkan nilai pada kelas eksperimen antara pre-test dan post-test, dimana nilai pre-test diperoleh sebesar 10,3 naik menjadi 14,3 pada post-test. Maka dari itu uji hopotesis juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 12,6 > 1.70 artinya metode benyanyi berpengaruh dalam pengenalan kalimat thayyibah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Asmaul Husna
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:27
Last Modified: 24 Jul 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30368

Actions (login required)

View Item
View Item