Efektivitas Penggunaan Media Permainan Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Penguasaan Jumlah Ismiiyyah (Penelitian Eksperimen di MIN 25 Aceh Besar

Siti Lutfiah Azizah, 190202011 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Penguasaan Jumlah Ismiiyyah (Penelitian Eksperimen di MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Permainan Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Penguasaan Jumlah Ismiiyyah (Penelitian Eksperimen di MIN 25 Aceh Besar] Text (Efektivitas Penggunaan Media Permainan Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Penguasaan Jumlah Ismiiyyah (Penelitian Eksperimen di MIN 25 Aceh Besar)
Siti Lutfiah Azizah, 190202011, FTK, PBA, 082286469582.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peneliti mendapati bahwa sebagian murid tidak faham qawaid mubtada’ dan khabar secara sempurna, dan mereka tidak mampu untuk menyusun mubtada’ dan khabar berdasarkan qawaidnya. Dan peneliti mendapati bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran yang berfariasi, sehingga membuat murid merasa bosan dalam pembelajaran. Dan ini jelas menunjukkan bahwasannya murid kurang memahami apa yang dijelaskan guru. Didalam penelitian terdapat tiga tujuan. Pertama, untuk mengetahui langkah-langkah media permainan spinning wheel. Kedua untuk mengetahui keefektifitasan media permainan spinning wheel terhadap penguasaan jumlah ismiah. Ketiga untuk mengetahui respon murid dalam kegiatab pembelajaran yang menggunakan media permainan spinning wheel. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen (One Group Pretsest-Postest Design).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid di MIN 25 Aceh Besar yang berjumlah 639 murid. Sampel penelitian ini adalah kelas V (B) yang berjumlah 32 orang murid. Instrument penelitian ini adalah pre-test, post-test, dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan spinning wheel efektif untuk meningkatkan kemampuan murid terhadap penguasaan jumlah ismiah, sebagaimana yang telah dijelaskan pada uji wilcoxxon sign rank test asymp sig. (2-tailed) 0,00. Nilai ini lebih kecil dari 0,05. Murid memberi respon positif ketika belajar dengan menggunkana media ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.8 Pelajaran Lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Lutfiah Azizah Lutfiah
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:12
Last Modified: 25 Jul 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30376

Actions (login required)

View Item
View Item