Okta Nurlia Sari, 201235192 (2017) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Ips di Kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Okta Nurlia Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (649kB) | Preview
Abstract
Peningkatan motivasi belajar dengan menggunakana metode yang tepat akan memudahkan proses belajar mengajar. Akan tetapi keadaan dilapangan berdasarkan pengamatan awal dilapangan pada sekolah MIN 16 Aceh Besar pada tematik pelajaran IPS guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa tidak meningkat. Diketahui bahwa metode ceramah yang digunakan tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman sekarang ini untuk semua materi IPS, karena metode ini mempunyai kelemahan di antaranya yaitu, dapat menyebabkan siswa menjadi bosan untuk belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak meningkat dan tidak efektif. Upaya yang di lakukan guru bidang studi IPS untuk memperbaiki proses pembelajaran dan untuk memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar di kelas adalah dengan menggunakan metode Mind Mapping. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MIN 16 Aceh Besar yang berjumlah 28 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan: lembar observasi (guru dan siswa), soal post-tes dan pertanyaan respon siswa, dan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan banwa aktivitas guru pada siklus I 3,11% dan meningkat pada siklus II menjadi 4,16%. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 3,25% dan meningkat pada siklus II menjadi 4,00%. Adapun respon siswa terhadap metode Mind Mapping terdapat 7 pertanyaan yang memiliki 100% responden dari 12 pertanyaan yang memiliki respon baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Mawardi, M.Pd 2.Masbur, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Motivasi Belajar, Metode Mind Mapping |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Okta Nurlia Sari |
Date Deposited: | 22 Mar 2018 04:13 |
Last Modified: | 22 Mar 2018 04:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3039 |