Penggunaan Media Gambar Menggunakan Metode Derby Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Ulum Banda Aceh)

Risky Aulia Azama, 200202048 (2023) Penggunaan Media Gambar Menggunakan Metode Derby Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Ulum Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Gambar Menggunakan Metode Derby Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Ulum Banda Aceh)] Text (Penggunaan Media Gambar Menggunakan Metode Derby Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Menulis (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Ulum Banda Aceh))
Risky Aulia Azama, 200202048, FTK, PBA, 085359587014_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama yang peneliti lakukan bahwa santri yang melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Ulum Banda Aceh takut menulis bahasa arab karena tidak bisa dan takut salah dalam keterampilan menulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan gambar dengan menggunakan Derby Writing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan gambar dengan gaya tulisan derby untuk meningkatkan kemampuan penguasaan keterampilan menulis, dan untuk mengetahui respon santri dengan menggunakan gambar-gambar dengan gaya tulisan derby untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh. Adapun metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan desain pendahuluan (Pre-Experimental) yang disebut (One Group Pre-Test Post-Test, Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket pre-test dan post-test. Adapun sampel penelitian adalah seluruh santri kelas 1 MTS di Pondok Pesantren Darul Ulum santri kelas satu (A) sebanyak 35 santri. Adapun hasil penelitian adalah penggunaan gambar dengan gaya Derby Writing efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai keterampilan menulis. Pedoman ini dengan menggunakan Paired Sample T-Test, peneliti memperoleh hasil pada taraf signifikansi (sig) 0,00 > 0,05. Adapun tanggapan siswa dalam melakukan proses pendidikan dengan menggunakan gambar dengan gaya penulisan Derby Writing untuk meningkatkan kemampuan penguasaan keterampilan menulis siswa sangat baik, dan ini dibuktikan dengan hasil siswa (P=86,28%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Risky Aulia Azama
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:47
Last Modified: 27 Jul 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item
View Item